10 Keraguan Pendaratan Apollo XI di Bulan

Niel Amstrong bersama Buzz Aldrin mendarat ke Bulan dan mengabadikan sejarah itu (Foto: Gettyimages)

Niel Amstrong dan Buzz Aldrin diklaim lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) pernah mendaratkan kaki di bulan bersama pesawat ulang alik Apollo XI pada 24 Juli 1969. Niel Amstrong meninggal pada 26 Agustus 2012. 

Kematiannya mengingatkan kembali akan kontroversi pendaratannya tersebut pada 20 Juli 1969 ke bulan. Niel bersama Buzz Aldrin (orang kedua yang mendaratkan kaki di bulan), masih dinilai banyak pihak tidak benar-benar mendarat di bulan. Apa yang dilakukannya dinilai banyak pihak adalah pembohongan publik yang direkayasa sedemikian rupa oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Ini kemudian menjadi teori konspirasi paling terkenal. Pada tulisan kali ini, SisiTerang.id akan memaparkan 10 alasan mengapa pencetus teori konspirasi ini percaya bahwa Apollo XI tidak benar-benar pernah mendarat di bulan. 

10 keraguan ini berdasarkan alasan yang dikutip dari situs Telegraph.co.uk. Berikut ulasannya :

1. Ketika para astronot itu memasang bendera Amerika Serikat, bendera itu berkibar layaknya di bumi. Padahal di Bulan tidak ada udara atau angin sehingga meragukan banyak pihak. Sayangnya tidak ada yang menjelaskan, bagaimana seharusnya bendera itu setelah dipsang, apakah kuncup ke bawah, seperti ada gravitasi atau ke atas melawan gravitasi? Belakangan terlihat di foto tersebut, bendera bisa berkibar karena ada penyangga di atas bendera. 

2. Tidak ada sama sekali bintang yang terlihat di gambar atau video yang diambil oleh Amstrong dan Buzz Aldrin. Seharusnya, bintang akan terlihat lebih terang dibandingkan jika dilihat dari bumi.

3. Tidak ada kawah ledakan yang terlihat di gambar yang disebabkan modul pendaratan lunar Apollo XI.

4. Pendaratan modul seberat 17 tons tidak menimbulkan jejak. Sementara di pasir Bulan, terlihat jejak kaki astronot.

5. Jejak kaki berada di lunar debu halus, tanpa kelembaban suasana atau gravitasi yang kuat, tapi yang terekam jejak-jejak itu tiba-tiba terawat, seakan dibuat di pasir basah.

6. Ketika modul pendaratan lepas landas dari permukaan Bulan sama sekali tidak ada api terlihat dari roket. 

7. Jika dilihat dari gerakan para astronot dan kendaraan yang dipakai di Bulan, tidak terlihat sama sekali kedua astronot berada di ruang hampa yang anti gravitasi. Para ahli telah menelaah video rekaman pendaratan tersebut seperti ada gravitasi yang kuat.

8. Para astronot tidak bisa selamat dari perjalanan menuju Bulan karena paparan radiasi dari sabuk radiasi Van Allen.

9. Bebatuan yang dibawa dari Bulan sangat identik dengan batu yang dikumpulkan oleh ekspedisi ilmiah dari Antartika.

10. Enam kali pendaratan di Bulan terjadi pada masa pemerintahan Nixon dan setelah pemerintahannya tidak ada lagi pemerintah Amerika Serikat yang mengklaim pernah melakukan pendaratan lagi ke Bulan, padahal teknologi yang berkembang makin canggih.

Itulah teori konspirasi tentang 10 keraguan pendaratan ke Bulan versi Telegraph.co.uk. Benar atau tidaknya, kita masih menunggu penelitian para ahli. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Pengetahuan