10 Film Mancanegara yang Syuting di Bali

Salah satu adegan dalam film Eat, Pray and Love (Foto: Istimewa)

Bali merupakan salah satu provinsi yang telah menjadi ikon wisata Indonesia. Keindahan alam dan panorama, serta budayanya telah menarik banyak turis asing dari seluruh penjuru dunia. Meski pariwisata Bali sempat tercoreng sejak ledakan bom pada 12 Oktober 2002, geliat pariwisata di Bali kembali bangkit. Bahkan, pengambilan gambar atau syuting film Hollywood dan film mancanegara lainnya banyak dilakukan di Bali.

Salah satu film Hollywood yang syuting di Bali dan cukup populer adalah film Pray, Eat and Love yang dibintangi Julia Robert serta aktris kawakan Indonesia Christine Hakim. 

Apalagi saat ini sudah ada aktor Indonesia yang go international, sehingga membuat banyak produksi film mancanegara dilakukan di Indonesia. Tidak hanya di Bali, tapi kota-kota lain di Indonesia. 

Nah, pada postingan kali ini SisiTerang.com akan membeberkan 7 film internasional yang pernah melakukan syuting di Bali.

1. The Perfect Wave (2015)

The Perfect Wave merupakan film petualangan yang mengambil lokasi syuting di 3 negara, yakni  Republik Mauritius, Afrika Selatan, dan Bali, Indonesia. 

Film ini bercerita tentang seorang tokoh utama Ian McCormack (Diperankan Scott Eastwood) yang pada tahun 1982 disengat oleh lima ekor ubur-ubur beracun di Mauritius. Tapi Ian berhasil selamat. Selanjutnya banyak cerita menarik yang mengubah kehidupan Ian.

2. Alex Cross (2012)
Alex Cross merupakan film action Hollywood yang baru-baru ini melakukan syuting di Bali. Saat ini penggarapan film tersebut masih dalam proses penyelesaian dan direncanakan dapat dirilis tahun 2012 ini juga. Film yang disutradarai Rob Cohen ini dibintangi Tyler Perry, Matthew Fox and Rachel Nichols melakukan syuting selama 3 hari saja di bali. Film ini melibatkan 35 tenaga lokal dan 20 pemain lokal yang berperan sebagai polisi.

Dikutip dari Micom, film ini dmengisahkan Alex Cross, seorang detektif sedang memburu penjahat yang membunuh isterinya. Ternyata, sang pembunuh tersebut menghindari dari sang detektif hingga ke Bali. Penjahat yang diperankan Jean Reno akhirnya tertangkap di sebuah villa yang ada di sebuah pedesaan di Karangasem Bali.

3. Between Two Worlds (2012)

Film internasional berikutnya yang melakukan proses syuting di Bali yakni Between Two Worlds. Film produksi Inggris ini masih melakukan tahap penyelesaian. Film ini menceritakan tentang Ayu, seorang penari muda asal Bali yang cantik, ia meninggalkan desa dan kekasihnya di Bali. Kemudian, ada pula cerita seseorang bernama Sidi yang jatuh cinta dengan seseorang keturunan America Itali , Stefano. Dia menggoda dengan cinta, kematian dan penghancuran diri. Mereka berpetualang dalam perjalanan ke arah kebangkitan antara dunia terang dan gelap. FIlm ini disutradarai dan ditulis oleh Angus Strachan.

4. Eat, Pray and Love (2011)

Sebelum film Alex Cross, budaya dan alam Bali sudah ditayangkan di film Eat, Pray, Love  yang diperankan oleh aktris Holywood terkenal yakni Julia Robert. Mengutip dari situs VOA Indonesia, fil ini mengangkat kisah perjalanan Elizabeth Gilbert, seorang perempuan Amerika yang berada di ambang depresi, mencari ketenangan spiritual dan keseimbangan dalam hidup di tiga negara yakni Italia, India dan Indonesia.

Film ini dibuat berdasarkan buku memoir best seller berjudul sama, yang telah laku enam juta kopi di seluruh dunia. Aktris berbakat Indonesia, Christine Hakim juga terlibat dalam film ini. Ia berperan sebagai Wayan dan pada pemutaran perdana film ini di Hollywood, Christine Hakim ikut menghadiri dan mengenakan pakaian adat Bali lengkap. Menurutnya momen tersebut perlu dilakukan untuk mempromosikan budaya bangsa Indonesia.

5. Toute la Beauté du Monde (2006)

Sebuah film drama Prancis. Film ini menceritakan tentang Franck and Tina. Franck mencintai Tina, namun Tina tak bisa mencintai Franck. Lelaki yang dicintai Tina baru saja meninggal dan ia masih belum bisa mencintai orang lain. Dalam perjalanannya melihat keindahan dunia terutama ke Asia termasuk Bali,Tina seperti menemukan suasana baru, anehnya Franck menjadi pemandu perjalananya tersebut, apakah akhirnya Tina dapat jatuh cinta dengan Franck?

6. The Fall (2006)

Film The Fall merupakan petualangan yang disutradarai Tarsem Singh. Sutradata asal India. Dalam film ini ada pemandangan sawah Tegallalang di Ubud dan Gunung Kawi di Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Tak hanya di Bali, film ini juga melakukan pengambilan gambar di negara lainnya, seperti India, Argentina, Perancis, dan Afrika Selatan.

7. Kiss Kis Ko (2004)

Kiss Kis Ko merupakan film India. Pengambilan gambar film ini dilakukan di Bali. Sebuah film musikal yang menceritakan tentang Group Boyband India yang menyebut mereka sendiri “Band of Boys”, Untuk menjadi terkenal, mereka melakukan banyak cara. Akhirnya mereka melihat group musik yang beranggotakan cewek-cewek cantik. Mereka mencoba mengajak cewek-cewek tersebut bergabung dengan group mereka dan mengubah nama bandnya.

8. The Ring of Fire, an Indonesian Odyssey (1972)

Ini adalah sebuah serial dokumenter yang digarap oleh sutradara Lorne dan Lawrence Blair bersaudara. Adapun tempat-tempat di Bali yang dijadikan lokasi syuting adalah di Sanur, Gunung Agung dan Kuil Besakih di Karangasem serta tempat lainnya yang alami dan indah.

9. The Double Crossers (1976)

Film ini diproduksi pada tahun 1976. Film Mandarin ini menceritakan tentang seorang detektif Lung yang menginvestigasi pembunuhan ayahnya. Ia juga mencoba mengungkap sindikat penyelundupan yang pernah dilakukan ayahnya. Akhirnya ia menemukan pembunuh ayahnya yakni rekan ayahnya sendiri. Namun, teman ayahnya di Hong Kong memiliki nama baru (Wang). Lung mencoba mencari pembunuh ayahnya hingga ke Bali untuk membalaskan dendamnya.

10. Legong : Dance of the Virgins (1935)

Sebelum kemerdekaan, ternyata eksotisme Bali sudah cukup memukau. Sineas yang melihat keindahan budaya di Bali akhirnya menyalurkannya lewat sebuah film. Mengutip IMDB.Com, film ini banyak menceritakan budaya di Bali dan melibatkan aktor dan aktris lokal. Film ini bercerita tentang seorang perempuan muda yang jatuh cinta bernama Putu (Poutou), namun akhirnya sebuah aib menimpanya. Dalam film ini banyak adegan menari di kuil. Putu tinggal bersama seorang ayah yang periang dan adiknya yang cantik bernama Saplak.

Putu akhirnya jatuh cinta dengan Nyong, seorang musisi yang baru datang ke desanya. Putu membujuk ayahnya agar dapat dilamar oleh Nyong. Akhirnya, keluarga tersebut merancang prosesi pernikahan di kuil, namun akhirnya Nyong tertarik dengan Saplak.

Itulah 10 film versi SisiTerang.id yang melakukan pengambilan gambar di Bali, selain itu masih banyak lagi serial Tv dan film dokumenter mancanegara yang menceritakan tentang Bali, Indonesia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Pengetahuan