Ini Alasan Domain Dot Com Tetap Akan Populer

Ilustrasi: Istimewa


Domain dot com pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985, tepatnya tanggal 15 Maret 1985. Ini kalau saya baca di situs bpptik.kominfo.go.id. Terus ada juga situs berita techno.okezone.com yang menulis bahwa domain dot com dibuat pada tahun 1945. Tapi kayaknya salah tulis, soalnya tahun segitu belum ada internet.

Sejak lebih dari 35 tahun lalu, domain dot com menjadi yang paling populer di jagat internet hingga sekarang. Padahal, saat ini sudah ada ratusan ekstensi domain yang ada di internet. 
 
Indonesia bahkan sekarang sudah punya Top Level Domain (TLD) dot id. Sekarang domain ini cukup populer, khususnya ya di negara kita ini. 

Tapi, tetap saja kepopuleran dot com belum bisa tersaingi, bahkan oleh TLD domain yang jarak lahirnya tak berjauhan seperti domain (dot) net atau (dot) org.

Ada beberapa alasan menurut SisiTerang.id, domain dot com belum akan redup bahkan hingga puluhan tahun kedepan. 

Pertama, karena domain ini sudah ter-branding dengan baik. Kira-kira kalau di Indonesia itu salah satu contohnya seperti Aqua (Ini contoh ya, bukan endorse... hehe). Walaupun sekarang sudah banyak produk air mineral, tapi orang Indonesia kebanyakan masih menyebut Aqua untuk air mineral.

"Tolong dong, ambilin Aqua di atas meja itu," 

Padahal jelas-jelas itu botol mereknya bukan Aqua. Kira-kira seperti itulah dot com ter-branding dengan baik.

Bahkan pengalaman saya. Pernah ada  teman yang menulis situs berita berekstensi dot id, ia tambahkan lagi dengan dot com. Misalnya, contoh.id.com. Gimana coba tuh? 

Alasan kedua, domain dot com memang masih menjadi pilihan utama orang-orang atau korporasi kalau mau bikin blog atau website.  Ketiga, dot com ditawarkan oleh perusahaan hosting yang pertama kali, baru domain-domain lainnya.

Itulah beberapa alasan kenapa domain dot com masih akan menjadi pilihan pertama blogger atau korporasi menurut SisiTerang.id. 

Bagaimana menurut ramalan kalian?


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Internet Marketing,Opini