Kopi dari Indonesia Paling Mahal, Ini Daftar 10 Kopi Termahal di Dunia

Luwack Coffee. Creative Commons Photo by Sarah Ackerman

Minum kopi sudah menjadi salah satu tradisi dunia. Hampir di setiap negara, kopi diminum saat orang ingin merasakan ketenangan atau sedang santai. Kebiasaan ngopi tidak hanya dilakukan orang dewasa saja, bahkan sudah hampir segala usia bisa menikmati kopi. Kadang, kopi juga bisa mendorong energi.

Saat ini, kopi telah tersedia dalam berbagai varietas yang berbeda. Kopi dibedakan dari segi kualitas, rasa, dan aroma. Kadang, untuk mendapatkan kopi yang berkualitas tinggi, kita harus membayarnya dengan harga mahal. Nah, apa saja kopi termahal di dunia? Berikut daftar kopi termahal di dunia.

10. Coffee Yauco Selecto AA (Puerto Rico) – $24/lbs.

Kopi Yauco dibudidayakan di Puerto Rico Yauco Area, Coffee Yauco Selecto AA adalah kopi  senilai $ 24 per setengah Kg. Kopi ini terasa ringan tetapi rasanya cukup lezat, terlebih lagi bagi para pecinta kopi dari seluruh dunia. Bagi mereka yang memiliki uang berlimpah,  para pecinta kopi ini akan tergila-gila dan akan menikmati kopi ini disetiap waktu santai. Tidak hanya di Puerto Rico, kopi ini sudah mulai dinikmati di beberapa negara di dunia.

9. Starbucks Rwanda Blue Bourbon (Gatare/Karengera, Rwanda) – $24/lb.

Starbucks Rwanda Blue Bourbon pada dasarnya adalah jenis biji kopi yang dapat ditemukan di Gatare dan Karengara, Rwanda. Starbucks memperkenalkan jenis ini ke negaranya saat pihak perusahaan ini mengunjungi stasiun tempat pencucian kopi Rwanda pada tahun 2004. Di Rwanda kopi Blue Bourbon menjadi salah satu produk tanaman utama di negara ini. Harga kopi ini dibanderol $ 24 per pon atau $ 48 per Kg.

8. Hawaiian Kona Coffee (Hawaii) – $34/lb.

Hawaiin Kona Cofee adalah nama untuk kopi komersial yang dibudidayakan dan tumbuh di Mauna Loa dan lereng Hualalai,  khususnya terletak di Selatan dan Utara Kona, Pulau Hawaii. Hanya kopi yang didatangkan dari wilayah ini yang dapat disebut sebagai ‘Kona’. Hawaii Kona Coffee  ini memiliki rasa yang nyaman saat diminum, dan dihargai $ 34 per pon.

7. Los Planes (Citala, El Salvador) – $40/lb.

Los Planes adalah jenis kopi yang ditanam di Citala, El Salvador. Dalam Piala Excellence 2006, kopi ini mendapat posisi kedua, pada ajang cita rasa kopi itu. Tempat pertama diisi oleh kopi El Injerto dari Guatemala dengan harga $ 50. Untuk harga $ 40 per pon, kopi los planos cukup mahal.

6. Blue Mountain (Wallenford Estate, Jamaica) – $49/lb.

Kopi Gunung Biru, memang banyak dibudidayakan di Jamaika Blue Mountains. Hasil yang terbaik dari jenis tertentu kopi ini dikenal karena kurangnya kepahitan dan rasanya ringan. Selama dekade terakhir, kopi ini mampu mengembangkan reputasinya, sehingga kopi ini menjadi salah satu kopi yang paling dicari, meskipun kopi sangat mahal di dunia. Lebih dari 80 persen kopi ini diekspor ke Jepang. Jika Anda berminat silakan mencicipi kopi ini seharga US$ 49/ setengah Kg.

5. Fazenda Santa Ines (Minas Gerais, Brazil) – $50/lb.

Untuk kopi dengan harga sekitar $ 50 per pon, Fazenda Santa Ines Coffee pasti salah satu produk kopi termahal di seluruh dunia. Kopi ini adalah produk dari Brasil, khususnya dari Minas Geraiz, tempat di mana kopi ini tumbuh atau dibudidayakan. Produksinya di Fazenda Santa Ines menjadi lokasi pertanian cukup mengesankan, terlebih lagi kopi masih tumbuh dengan cara tradisional di sana. Tidak menggunakan pengelolaan dengan mesin apa pun. Ketika pecinta kopi diminta mengungkapkan rasanya, banyak yang mengatakan kopi ini mengingatkan pada manisnya buah dan karamel.

4. El Injerto (Huehuetenango, Guatemala) – $50/lb.

St Helena Island, yang terletak sekitar 1.200 kilometer dari pantai Afrika, adalah di mana Anda akan menemukan kopi St Helena yang dibudidayakan dan diolah. Ketenaran kopi ini berkat jasa Napoleon Bonaparte yang memuji dan menaburkan benih kopi ini di Pulau St Helena. Jika Anda mau mengeluarkan sekitar $ 79 untuk secangkir Joe, maka boleh dengan segala cara, datanglah ke St Helena untuk menikmatinya

2. Hacienda La Esmeralda (Boquete, Panama) – $104/lb.

Kopi Hacienda La Esmeralda dikembangkan khusus di Boquete, Panama. Orang-orang dari seluruh dunia menikmati kopi jenis ini karena rasa yang unik. Sebagian besar kopi ini dibudidayakan di bawah nuansa pohon jambu tua. Jika Anda ingin dapat mencoba kopi La Esmeralda Hacienda, bersiaplah untuk membayar minimal $ 104 per pon.

1. Kopi Luwak (Indonesia) US$ 160

Kopi Luwak, merupakan kopi asli Indonesia. Harganya bisa mencapai $ 160 per pon atau 0,5 Kg. Kopi ini diolah dari fermentasi Luwak atau musang. Sebelum diolah, biji kopi harus terlebih dahulu dicerna oleh luwak. Popularitas kopi ini telah dikenal di seluruh dunia. Karena dinilai memiliki cita rasa paling baik kopi luwak menempati posisi nomor 1 sebagai kopi termahal di dunia. Di Indonesia, memang harganya tidak begitu mahal, namun jika Anda mencoba minum kopi luwak di kedai kopi di Amerika Serikat, Anda akan mendapati harga US $ 160 itu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Pengetahuan