Mencari Uang Online Itu Tidak Mudah, Tapi Jika Konsisten Kamu Bisa Berhasil


Mencari uang secara daring (online) itu tidak semudah yang digembar-gemborkan sejumlah netizen atau buku-buku yang beredar di pasaran. Butuh kerja keras, sama seperti kerja bekerja secara luring (offline). Namun, kalau mau terus belajar dan konsisten, maka apa yang dicita-citakan bisa sampai juga kok.

Kebanyakan blogger baru yang tertarik make money online biasanya tidak konsisten. Karena lama menunggu, nggak dapat-dapat uang, atau yang didapat cua receh, lalu down dan tidak konsisten lagi menulis blog.

Ada banyak platform untuk mencari uang di internet. Ada AdSense untuk blog, ada AdSense untuk Youtube, affiliasi, forex dan sekarang banyak orang bisa jualan di marketplace. 

Saya sebenarnya sudah pernah menulis artikel serupa beberapa tahun silam, tapi bukan di blog ini. Sekarang saya merasa perlu menulis ini, karena banyak blogger hingga Youtuber dadakan yang teriming-imingi mendapat uang dengan mudah dengan hanya membuat konten di depan laptop.

Saya juga tidak sedang menurunkan semangat kawan-kawan blogger baru. Tapi, ini harus jadi pemacu semangat agar kita bisa sukses di jagat internet. Intinya, konsisten berkarya, berinovasi dan belajar hal baru terus menerus.

Pasalnya, saya termasuk orang yang tidak konsisten ngeblog. Saya bahkan sudah kenal AdSense sekitar tahun 2008 atau 2009. Saya nggak ingat persisnya. Saya mulai menulis artikel di sebuah platform website gratis bernama Geocities besutan Yahoo. Saya mencoba mendaftar ke Google AdSense dan sekira satu bulan kemudian, alhamdulillah, diterima menjadi publisher AdSense.

Tapi, rupanya mendatangkan visitor ke website saya waktu itu sulit sekali. Saya ters belajar Search Engine Optimization (SEO). Saya bahkan, ikut seminar-seminar tentang AdSense yang lumayan sering diadakan di Jogja waktu itu. Saya masih mahasiswa UNY ketika itu.

Sempat malas menulis dan bahkan blog saya itu saya anggurin tahunan lamanya. Setelah selesai kuliah dan pulang ke Sumatra. Saya kembali ngeblog dengan blog baru, karena Geocities uda lama ditutup oleh Yahoo. Sambil bekerja sebagai jurnalis, saya meluangkan waktu menulis di blog dan payout pertama saya dari Google AdSense itu terjadi pada 2011. Lumayan, tapi waktu itu Rupiah cukup kuat dan $100 itu nggak sampai Rp 1 Juta setelah dikonversikan. Pencairannya waktu itu masih via Western Union. 

Sejak saat itu saya terus ngeblog. Sampai akhirnya kesibukan saya sebagai jurnalis membuat lagi-lagi AdSense saya terabaikan. Sementara aturan baru dan algoritma Google terus berubah. Sampai akhirnya juga, Youtuber mulai populer. Orang mulai berlomba-lomba jadi youtuber. Terlebih lagi banyak selebritas ikut menjadi youber dan menghasilkan banyak uang dari AdSense dan endorse.

Dari pengalaman tersebut, sebenarnya yang dibutuhkan untuk jadi blogger sukses adalah konsisten dan membuat karya sebagus-bagus mungkin. Jangan memikirkan soal uangnya dulu, tapi konten yang kita buat harus punya manfaat bagi pengunjung blog atau kanal Youtube kita. Dengan begitu, InsyaaAllah kesuksesan akan menghampiri.

Arti sukses itu sebenarnya macam-macam juga sih. Tapi kebanyakan blogger berpendapat, sukses itu adalah menghasilkan uang, meski kita sedang tidur. Ada juga, yang idealis. Katanya, yang penting karya yang kita buat bermanfaat bagi orang lain. 

Terserah deh, apa arti sukses buat kamu, yang penting kalau mau jadi blogger atau youtuber, jadilah yang terbaik. 

Salam sukses.


 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Adsense,Internet Marketing