Google Search Console Bagi Pengguna Blogspot Sangat Penting, Mengapa?

Google Search Console (GSC) dulu dikenal dengan nama Google Webmaster. Seingat saya, dulu Google Webmaster tak begitu banyak fitur dan tool. Hanya sering kali digunakan bagi blogger untuk mendaftarkan situs-situs baru agar cepat diindeks oleh mesin pencari Google.

Sekarang, GSC punya banyak fitur dan tool yang sangat berguna bagi blogger untuk mendapatkan traffic organik ke blog kita. Traffic organik ini perlu karena bernilai ekonmis bagi publisher AdSense. Bagi yang bukan publisher AdSense, tentu berguna bagi jumlah pembaca dan manfaat artikel yang ada di dalam blog itu.



Berbeda dengan blog berbasis WordPress, pengguna Blogspot tidak begitu banyak fitur yang memudahkan. Maklum saja, blogspot adalah platform blog gratisan. Bahkan, meskipun Blogspot ini punya Google, tapi soal indeks Google, Blogspot sering ketinggalan. Oleh karena itulah, pengguna Blogspot wajib tahu GSC.

Di Wordpress, artikel baru yang baru dipublikasikan, akan sangat mudah terindeks Google. Terlebih lagi  jika blog tersebut sudah terindeks Google Berita. Pasti akan lebih cepat lagi.

Berbeda dengan pengguna Blogspot. Meski, blog kita itu sudah terindeks Google, tapi jika ada artikel baru, terkadang indeksing-nya lama sekali. Pengalaman saya, terkadang harus pakai GSC untuk memaksa robot Google mengindeks artikel baru di blog kita ini.

Nah, itulah jawaban mengapa pengguna Blogspot penting mengetahui seluk beluk GSC. Terutama cara melakukan indeksing artikel baru.

Cara Meminta Artikel Baru Diindeks Google

1. Buka GSC search.google.com/search-console

2. Copy dan paste tautan (link) artikel baru di kolom 'Periksa semua URL di ...' Lalu tekan ENTER pada keyboard atau klik cari (tanda luv/ikon kaca pembesar) 

Halaman Google Search Console


3. Biarkan GSC memeriksa tautan tersebut.

4. Setelah GSC mendapat informasi bahwa link itu belum terindeks (URL tidak ada di Google), maka akan ada tombol MINTA PENGINDEKSAN. Klik tombol meminta pengindeksan tersebut.

Minta Pengindeksan


3. Tunggu saja beberapa menit atau jam, cek kembali di Google Search dengan mengetik site:namasitusmu.id. Biasanya tidak lama, sudah terindeks. 

Mengapa situs berbasis Wordpress tak perlu melakukan itu? 

Situs Wordpress biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ping. Fitur tersebutlah yang membuat Wordpress lebih mudah, bahkan otomatis terindeks Google tanpa diminta secara manual.   


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Layanan Google,Wordpress