Ketika Situs Berita Nasional Menguasai Kata Kunci Google

Situs berita seperti TribunNews, Tirto, Detik dan Kumparan adalah beberapa website yang menguasai keyword atau kata kunci pencarian Google di Indonesia. akan sangat sulit bagi blogger dapat menyaingi situs-situs berita tersebut untuk sejumlah kata kunci.

Hampir setiap kata kunci, situs berita itu punya. Hampir setiap kata kunci pula mereka bertengger di halaman pertama pencarian Google. mereka seperti ingin menguasai jagat pencarian Google dan tak ingin memberi ruang bagi yang lain. 

Kamu boleh coba mencari kata kunci google seputar doa atau dalil. Maka yang akan muncul di halaman tertinggi adalah situs berita, bukan situs yang memang dibuat khusus soal fiqh Islam. Keyword jadwal sholat untuk semua daerah di Indonesia bahkan mereka kuasai. Luar biasa memang.

Situs-situs berita nasional itu, memang memiliki Domain Authority (DA) tinggi dan memiliki jutaan backlinks. Sehingga Google pasti mengedepankan mereka untuk tampil terdepan di search engine. 

Logo Google Ads


Nah, bukan berarti semua kata kunci yang ada di jagat internet ini pasti diambil semua oleh situs berita nasional. Masih ada kok keyword-keyword bagus dengan nilai tawaran (CPC) tinggi yang bagus untuk blogger. 

Untuk mengetahui kata kunci apa saja yang bagus dan punya nilai tinggi di Google, Kamu hanya perlu meriset sebentar saja di Google Ads

  • Login saja ke akun Google Ads dengan akun Google-mu. 
  • Kemudian, pilih menu Tools & Settings. Lalu klik Keyword Planner

Klik Dicover new keywords

  • Setelah muncul halaman Keyword Planner, klik Discover new keywords

Ketik kata kunci yang ingin Kamu gunakan, misalnya "investasi" di bawah Enter Poduct or services closely related to your business


  • Lalu klik GET RESULT
  • Lihat hasilnya. Pilihlah kata kunci yang nilai tawarannya tertinggi untuk dijadikan kontenmu.
  • Bagusnya lagi pilihlah yang kompetisi "Low" biar saingannya tak terlalu banyak. 

Nah, kira-kira begitulah cara gampang melakukan riset kata kunci. Di sini kamu bisa lihat kata kunci mana yang punya tawara harga mahal. 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url