Ini Daftar Negara Penghasil Kopi Terbaik Dunia

SISITERANG.ID -  Di banyak kota di seluruh dunia, terdapat kafe di setiap sudutnya, sehingga tidak mengherankan jika kopi adalah salah satu komoditas utama dunia. Sebagai minuman ketiga yang paling banyak dikonsumsi secara global, setelah air dan teh, biji kopi sangat diminati hampir di mana-mana.

Negara-negara produsen kopi teratas masing-masing menghasilkan miliaran kilogram biji kopi yang pada akhirnya sampai ke tangan konsumen. Menurut Organisasi Kopi Internasional, total 169,6 juta kantong kopi seberat 60 kilogram diproduksi di seluruh dunia pada tahun 2020.


Jadi, mengapa dunia secara universal sangat menyukai kopi?



For The Love of Coffee


Seperti yang dikatakan sebagian besar pecinta kopi, minum kopi adalah pengalaman yang kompleks dan bernuansa. Ada aroma yang kaya, kehangatan yang menenangkan, dan keindahan ritual duduk dengan secangkir kopi segar.


Dengan berbagai cara penyajiannya dan sentakan kafein yang diberikannya kepada kita, tidaklah sulit untuk melihat mengapa dunia menyukai kopi. Faktanya, kita sangat menyukai minuman ini sehingga manusia telah mengkondisikan diri untuk mengasosiasikan rasa pahit kopi dengan serangan energi dan penguatan positif.


Jadi, dari mana asal perjalanan setiap cangkir kopi? Mari kita mengenal negara-negara penghasil kopi top dunia.


Pemimpin Produksi Kopi Dunia


Pada akhir tahun 2020, 10 besar negara penghasil kopi terbesar menguasai 87% pangsa pasar komoditas tersebut.


Berikut adalah daftar 20 negara penghasil kopi terbesar di dunia:


NO    NEGARA                    Produksi (2020)    Market Share

1 🇧🇷 Brazil         63.4     37.4% 2 🇻🇳 Vietnam 29.0     17.1% 3 🇨🇴 Colombia 14.3     8.4% 4 🇮🇩 Indonesia 12.0     7.1% 5 🇪🇹 Ethiopia         7.3     4.3% 6 🇭🇳 Honduras 6.1     3.6% 7 🇮🇳 India 5.7     3.4% 8 🇺🇬 Uganda         5.6     3.3% 9 🇲🇽 Mexico         4.0     2.4% 10 🇵🇪 Peru 3.8     2.2% 11 🇬🇹 Guatemala 3.7     2.2% 12 🇳🇮 Nicaragua 2.7     1.6% 13 🇨🇮 Côte d'Ivoire 1.8     1.1% 14 🇨🇷 Costa Rica 1.5     0.9% 15 🇹🇿 Tanzania 0.9     0.5% 16 🇰🇪 Kenya 0.7     0.4% 17 🇵🇬 Papua New Guinea 0.7     0.4% 18 🇱🇦 Laos 0.6     0.4% 19 🇸🇻 El Salvador 0.6     0.4% 20 🇹🇭 Thailand 0.6     0.4%


Sementara beberapa negara penghasil kopi top dunia terkenal, yang lain mungkin mengejutkan. Lebih dari 70 negara memproduksi kopi, tetapi mayoritas output global hanya berasal dari lima produsen teratas: Brasil, Vietnam, Kolombia, Indonesia, dan Ethiopia.


Temui Negara-Negara Penghasil Kopi Teratas


1. Brasil

Brasil adalah pusat produksi kopi sejati. Negara ini memproduksi hampir 40% dari pasokan kopi dunia.


Banyak daerah di Brasil memiliki iklim yang sangat kondusif untuk perkebunan kopi. Perkebunan kopi mencakup sekitar 27.000 kilometer persegi di Brasil, dengan mayoritas berlokasi di Minas Gerais, São Paulo, dan Parana.


Brasil membedakan dirinya dari kebanyakan negara penghasil kopi lainnya dengan mengeringkan ceri kopi di bawah sinar matahari (kopi yang tidak dicuci) daripada mencucinya.


Negara ini sangat berpengaruh terhadap produksi kopi sehingga karung goni seberat 60 kilogram yang secara historis digunakan untuk mengekspor biji dari Brasil masih menjadi standar dunia untuk mengukur produksi dan perdagangan.


2. Vietnam

Vietnam menemukan ceruk pasar internasional dengan berfokus terutama pada biji Robusta yang lebih murah. Biji Robusta dapat memiliki kafein hingga dua kali lebih banyak dari biji Arabika, memberikan kopi rasa yang lebih pahit.


Meskipun kopi telah ditanam di wilayah tersebut selama lebih dari satu abad, produksinya meroket hingga tahun 1990-an setelah pemerintah komunis Vietnam memperkenalkan reformasi ekonomi (dikenal sebagai i Mới).


Saat ini, Vietnam menyumbang lebih dari 40% produksi biji Robusta dunia.


Budidaya kopi di Vietnam juga sangat produktif. Hasil kopi negara itu jauh lebih tinggi daripada negara-negara penghasil kopi teratas lainnya.


3. Kolombia

Kampanye iklan populer yang menampilkan petani kopi fiksi bernama Juan Valdez membantu merek Kolombia sebagai salah satu negara penghasil kopi paling terkenal. Minuman pilihan yang didambakan, kopi Kolombia dihargai karena rasanya yang aromatik, ringan, dan buah.


4. Indonesia

Kopi Luwak


Beberapa kopi terlangka di dunia Barat berasal dari Indonesia, termasuk Kopi Luwak—sejenis biji kopi yang dimakan dan dibuang oleh musang palem Asia. Kopi yang dibuat dari biji kopi ini mungkin dikenakan biaya antara $35 hingga $100 per cangkir di mancanegara.


5. Ethiopia

Dikenal dengan biji kopinya yang beraroma, membumi, dan bertubuh penuh, Ethiopia adalah negara yang memberi kami tanaman kopi Arabika. Saat ini jenis kopi ini dianggap paling banyak dijual di kafe dan restoran di seluruh dunia.


Masa Depan Produksi Kopi


Dengan meningkatnya suhu global, kopi yang baik mungkin menjadi semakin menantang untuk dikembangkan. Untuk pertumbuhan biji kopi yang baik dan berkelanjutan di masa depan, menemukan campuran biji kopi yang lebih baru dan hibrida sangat penting.


Beberapa penelitian dan misi penelitian telah menemukan spesies kopi liar yang tumbuh di lepas pantai Pantai Gading dan di wilayah tertentu Sierra Leone, yang dapat menjadi jawaban atas masalah produksi kopi kita. Kopi dari tanaman kopi ini rasanya mirip dengan biji Arabika yang terkenal dan juga tumbuh pada suhu yang lebih tinggi.


Meskipun masa depan produksi kopi di seluruh dunia agak tidak pasti, kecintaan kita pada secangkir kopi pagi akan mendorong solusi inovatif, bahkan dalam menghadapi perubahan pola iklim. Setidaknya, harus ada pengembangan tanaman kopi yang tangguh akan perubahan iklim.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
News,Pengetahuan