Situs Belanja Online dari Luar Negeri

Kini belanja online dari luar negeri semakin mudah. Sejak menjamurnya aplikasi marketplace di Android maupun di iOS, mendapatkan barang dari luar negeri sama seperti belanja online di toko online lokal. Pembayarannya pun bisa dengan Rupiah dan transfer bank via virtual account, QRIS, Paypal hingga pembayaran digital lainnya.

Ilustrasi belanja online (Teknologi.id)

Melalui marketplace lokal seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya, belanja dari luar negeri sebenarnya bisa dilakukan. Cukup memilih toko dengan keterangan pengiriman dari luar negeri. Maka, barang yang akan kita dapatkan langsung dari luar negeri. Masih ingat kan? Trending Mr. Cu? Dia adalah sang pengirim barang asal China yang mayoritas dikenal oleh orang yang pernah belanja online luar negeri via marketplace lokal. 

Selain itu, kini juga marketplace luar negeri juga sudah menyediakan versi Bahasa Indonesia, seperti Alibaba, Aliexpress, Wish, Amazon atau eBay. Misalnya, Alibaba, bisa diakses melalui https://indonesian.alibaba.com. Kemudian, Aliexpress bisa diakses via https://id.aliexpress.com untuk versi Bahasa Indonesia.

Situs-situs belanja luar negeri tersebut bisa juga diunduh aplikasinya di Google Play Store. Biasanya, jika diakses melalui ponsel pintar di Indonesia akan otomatis muncul versi Bahasa Indonesia saat pencarian. 

Tidak semua situs belanja luar negeri ini menyediakan pembayaran dengan mata uang Rupiah. Terkadang, mereka hanya memiliki versi Bahasa Indonesia, namun tidak termasuk pembayarannya, atau masih menerima Dollar saja untuk aplikasi versi internasionalnya.

Mengapa belanja dari luar negeri?

Jika suatu barang ternyata tidak ditemukan di marketplace lokal, maka bolehlah kita belanja di situs belanja luar negeri. Namun, kalau harganya tidak jauh berbeda dan barangnya ada di toko online lokal, mengapa harus pilih luar negeri?

Kalau selisih harga suatu barang sangat tinggi, tentu saja direkomendasikan belanja di situs belanja luar negeri. Kamu juga bisa menjualnya kembali dengan harga lebih menguntungkan di marketplace Indonesia.   

Kena Pajak dan Tambahan Ongkir

Sejumlah pelanggan yang belanja secara online dari luar negeri mengaku pernah dimintai lagi tambahan ongkir oleh petugas Kantor Pos dan juga tambahan pajak. Untuk itu, tambahan biaya ini perlu dipertimbangkan jika ingin belanja langsung dari luar negeri.

Daftar situs belanja luar negeri

Berikut daftar situs belanja online luar negeri yang bisa Anda kunjungi:

1. Alibaba https://indonesian.alibaba.com

Alibaba bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin belanja dari situs luar negeri. Barang yang kamu beli akan dikirim dari Tiongkok langsung dengan harga bisa jadi lebih murah.  

2. Aliexpress (https://id.aliexpress.com)

3. Wish (Unduh di Google Play Store)

Wish sangat populer di Facebook. Ini karena pesan bersponsor di Facebook yang kerap kali muncul. Meski demikian, tidak sedikit yang mengeluhkan aplikasi ini. 

4. Amazon.com

Amazon tidak menyediakan versi Bahasa Indonesia. Kamu bisa belanja langsung dari sini dan barang akan dikirim dari USA.

5. eBay (https://pages.id.ebay.com)

Dulu eBay pernah bekerjasama dengan toko online lokal Indonesia, Plasa.com. Namun, kini eBay punya versi Bahasa Indonesianya sendiri. 

Rekomendasi

Untuk memudahkan pembayaran dan kepastian barang tiba, sebaiknya gunakan saja aplikasi lokal, namun barangnya dikirim langsung dari luar negeri. Jarang sekali ada keluhan, tambahan ongkir dan sebagainya. Soalnya melaui marketplace lokal, ongkir sudah disubsidi marketplace (tidak semua lho). 

1. Importir.org

2. Shopee

3. Tokopedia

Demikian

Demikian informasi seputar belanja online dari luar negeri. Smeoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Gaya Hidup,Teknologi