Kini Kamu Bisa Punya Domain dan Email My.ID Gratis, Begini Caranya

SISITERANG.ID - Kemarin (Minggu, 9/1/2022) iseng nge-cek Instagram. Pas scroll ke bawah,  jempol saya terhenti di unggahan @Pandi_id. Isi unggahan itu menyebut ada layanan gratis berupa email dan link bio dengan ekstensi My.ID gratis.

Status laman Instagram @Pandi_id

Karena penasaran. Saya langsung nyobain buka situs https://my.id. Setelah klak-klik, ternyata beneran dapat gratis. Wah, keren banget. Ini dalam sejarah saya pake internet, baru kali ini dapat email dengan ekstensi terpendek. namapengguna@my.id. Kirain selama ini, pake G-Mail uda ekstensi yang terpendek untuk email gratisan.

Kemudian, untuk domainnya, bisa kita buat link bio (biografi). Alamatnya URL-nya jadi gini "namapengguna.my.id."  Keren gak tu? Biasanya untuk dapat domain ginian, harus ngerogoh kocek mulai Rp 35 hingga 50 Ribu. Kini kita bisa dapetin gratis.

Sayangnya, cuma link bio ya, buka domain penuh yang bisa kita setting nameserver-nya untuk dijadiin blog. Tapi kelebihannya, kita bisa buat toko online gratis di pengaturan akun My.ID kita. 

Mungkin My.ID Bakal Gratis Sepenuhnya

Saat ini Second Level Domain (SLD) My.ID masih bisa dibeli dengan harga paling murah Rp 25 Ribu belum termasuk PPN. Seperti yang saya jelasin tadi. My.ID versi berbayar bisa dijadikan alamat web/blog seperti selama ini.

Ada dugaan, My.ID memang bakal jadi layanan gratis yang dikelola oleh PT Identitas Digital Nasional (IDN). Saya kurang tahu juga, apakah IDN ini dibawah naungan Pandi atau seperti apa. Yang pasti IDN bakal mengelola layanan email, link bio dan lainnya mengenai identitas. 

Dari namanya, jelas sekali sudah sangat menjual. Kata My berarti "(kepunyaan) saya" dalam Bahasa Inggris. Sedangkan ID bisa juga merupakan singkatan "identity" atau identitas. Secara lengkap, bisa diartikan SLD ini berarti "identitas saya". Sebuah SLD yang langsung memiliki arti.

Cara Mendaftarkan Email dan Link Bio di My.id

1. Buka browser, lalu ketik https://my.id di kolom address bar atau klik tautan berikut https://my.id.

2.  Kemudian masukkan nomor handphone Kamu dan buat kata sandi (password)


3. Klik Daftar

4. Setelah mendapat link konfirmasi via SMS, klik link tersebut

5. Coba login dengan nomor Hp dan sandi yang sudah Kamu buat tadi, lalu pilih nama domain yang Kamu sukai (yang penting masih tersedia). Jika sudah lanjutkan ke tahap berikutnya.

contoh: namadomain.my.id

7. Selamat email dan domain kamu sudah siap. Lengkapi bio link dan data My.ID lainnya. 

Semoga layanan ini akan terus berkembang. Tentu saja harapannya tidak hanya link bio, namun juga bisa untuk blog.  

  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Teknologi,Tutorial