Bagaimana cara menabung saham?

SISITERANG.ID - Saham adalah salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Sejak era ponsel pintar dan Youtube, investor baru bermunculan. Terlebih lagi, dana yang dibutuhkan untuk membeli 1 lot saham kini tidak lagi memberatkan.

Ilustrasi: TribunNews


Oke, tidak perlu panjang lebar mukadimahnya. Saya akan membahas langsung bagaimana memulai berinvestasi saham. Ingat ya! investasi, bukan trading.

Untuk menabung saham, yang perlu kamu lakukan adalah:

1. Download aplikasi sekuritas di ponsel Android / iOS kamu.

Aplikasi sekuritas tersebut ada banyak. Saya sebutkan saja yang populer, yaitu, Ajaib, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas dan lainnya. Daftar sekuritas bisa kami cek di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) https://yuknabungsaham.idx.co.id/perusahaan-sekuritas

2. Setelah kamu punya salah satu aplikasi tersebut di ponsel kamu. Selanjutnya kamu registrasi.

Siapkan KTP-el, NPWP dan Rekening Bank. Karena saat registrasi akan dibutuhkan NIK dan Nomor NPWP.

3. Setelah registrasi, aplikasi kamu biasanya akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk menerbitkan Rekening Dana Nasabah (RDN).  

Untuk diketahui, RDN adalah rekening khusus yang dibutuhkan untuk membeli saham. Perusahaan sekuritas seperti Ajaib dan kawan-kawan sama sekali tidak menyimpan dana kamu. Keuntungan mereka hanya dari fee saat kamu melakukan transaksi saham.

4. Setelah RDN kamu siap dan ada pemberitahuan baik via telepon atau email, kamu langsung bisa membeli saham.

Nah, mudah kan? 

Menabung saham lewat aplikasi Ajaib

Saya menabung saham menggunakan aplikasi Ajaib. Aplikasi besutan PT Takjub Teknologi Indonesia. Sebuah perusahaan unicorn dibidang fintech. Valuasi perusahaan ini sudah triliunan dan sudah memiliki lebih dari 1 juta pengguna.

Pengalaman saya membeli saham melalui aplikasi Ajaib ini sangat mudah. Setelah registrasi, saya tidak butuh waktu beberapa hari untuk dapat rekening RDN. Seingat saya cuma satu hari saja, RDN saya sudah siap. 

Saya kebetulan memiliki akun atau rekening di BCA, sehingga Ajaib langsung membuatkan RDN BCA. Setelah itu, saya langsung topup sekitar Rp 200 Ribu saja. Saham pertama yang saya beli adalah saham PT Aneka Tambang (Antam) yang memiliki kode emiten ANTM.

Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi saham via Ajaib boleh mendaftar melalui link ini AJAIB atau gunakan kode Ajaib mukh9884301931 untuk mendapat hadiah SAHAM GRATIS.   



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Investasi