AKAA Award 2022, Bandara Banyuwangi Masuk 20 Besar Karya Arsitektur Terbaik

SISITERANG.ID - Bandar Udara (Bandara) Banyuwangi Jawa Timur terpilih masuk dalam nominasi 20 besar karya arsitektur terbaik dunia pada ajang Aga Khan Award for Architecture (AKAA) 2022. Untuk mencapai tahap ini, Bandara Banyuwangi sudah menyingkirkan 463 karya arsitektur lainnya.

Dinukil dari akdn.org, Bandara Banyuwangi masih akan bersaing dengan karya arsitektur dari sejumlah negara lainnya, antara lain seperti Lilavati Lalbhai Library at CEPT University dari India dan Issy Valley Improvement dari Maroko.

Antaranews.com menulis, Bandara Banyuwangi yang memiliki konsep hijau dan ramah lingkungan ini didesain secara kolaborasi dengan salah satu arsiteknya bernama Andra Matin. 

Foto: Jatimnet.com

Desain bandara ini mengadopsi bentuk ikat kepala Suku Osing. Yakni masyarakat adat asli Banyuwangi. Untuk diketahui pula, lokasi bandara ini lebih tepatnya berada di Kecamatan Blimbingsari.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku bangga, karya arsitektur yang berada di kabupaten yang ia pimpin bisa masuk ajang berkelas internasional. 

“Ini sebuah kebanggaan. Bandara Banyuwangi masuk nominasi kompetisi arsitektur kelas dunia, bersanding dengan puluhan karya arsitektur lain dari berbagai negara,” ujar Ipuk.

Perlu diketahui, AKAA Award merupakan penghargaan tertua bidang arsitektur yang digelar setiap tiga tahun sekali. Tak hanya menilai dari segi arsitektur, namun AKAA juga menyoroti dukungan peningkatan aspirasi budaya, konservasi dan kualitas lingkungan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
News,Pengetahuan