Masjid Al Jabbar: Keajaiban Arsitektur Modern di Tengah Jawa Barat

SISITERANG.ID - Masjid Al Jabbar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Terapung, adalah keajaiban arsitektur modern yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Masjid ini dibangun dengan memakan waktu tujuh tahun sejak proses perancangan pada tahun 2015 hingga diresmikan pada 30 Desember 2022.

Masjid Al Jabbar (Foto: Kompas.com)

Lahan seluas 25 hektar yang diambil dari proses pembebasan lahan, kini menjadi tempat bagi Masjid Al Jabbar yang memiliki kapasitas hingga 30.000 orang. Desain masjid yang mengagumkan ini merupakan hasil karya dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Dalam pembangunan Masjid Al Jabbar, terdapat empat tahap yang dilalui, dimulai dari pembangunan bangunan utama, penutup atap kubah utama, kanopi pada atap kubah utama, rangka minaret, plaza luar, hingga instalasi WTP. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan struktur jembatan, kolam reflektif, plaza bundar, dan pemasangan lantai/keramik.

Pada tahap berikutnya, dilakukan pembangunan overstek plaza depan, sheet pile, galian tanah keliling masjid, dan sejumlah pekerjaan lainnya. Terakhir, tahap IV pembangunan meliputi pekerjaan pada masjid, interior ma'rodh, dan landscape.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Masjid Al Jabbar, perlu memperhatikan beberapa aturan seperti batas suci, larangan makan dan minum di area masjid, serta dilarang menginjak rumput. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk memperhatikan barang bawaan pribadi dan anak saat berkunjung.

Masjid Al Jabbar tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun juga menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat karena keindahan arsitektur modernnya. Dengan kapasitas yang besar, Masjid Al Jabbar siap menerima jamaah yang ingin melaksanakan ibadah secara khusyuk dan nyaman.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan santun dan bijak. Ayo jadi warganet cerdas.

Lebih baru Lebih lama