Tidak 100 Persen Online, Ini Cara Buat KTP Digital

SISITERANG.ID - Saat ini, pemerintah telah memperkenalkan KTP Digital yang dapat dibuat secara online. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan KTP fisik akibat dimakan usia. 

Ilustrasi (Rtpintar.com)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pembuatan KTP Digital.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah memiliki ponsel atau gadget yang dapat mengaksesnya. Fungsi KTP digital ini sama seperti KTP fisik yang digunakan untuk identitas diri.

Yang menarik, KTP Digital dapat didaftarkan secara online. Tapi, sebelum itu, Kamu tetap harus datang ke kantor Dinas Dukcapil tempat kamu berada untuk meminta barcode atau kode QR yang berguna saat validasi pendaftaran KTP digital.

Makanya di sini, disebut tidak 100 persen online. Karena ada QR code yang harus kamu dapatkan dari petugas Disdukcapil. Jika QR code itu sudah ada, langkah yang harus kamu lakukan adalah:

1. Mengunduh (download) aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Playstore.

2. Buka aplikasi IKD dan daftarkan diri kamu dengan mengisi data yang diminta, seperti NIK, email dan kata sandi (password).

3. Setelah itu lakukan verifikasi wajah dengan pemindaian Face Recognition, lalu scan QR Code dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

4. Aktivasi dengan memasukkan kode aktivasi dan captcha.

Setelah berhasil, KTP Digital kamu dapat ditemukan di aplikasi IKD, yang memiliki menu seperti Data Keluarga atau Kartu Keluarga (KK), Dokumen Kependudukan seperti KTP Digital, dan Dokumen lain yang merupakan hasil integrasi NIK seperti NPWP, vaksin COVID-19, kepemilikan kendaraan hingga data BKN (bagi ASN).

Dengan adanya KTP Digital, semua data penting kamu akan tersimpan dengan rapi dalam satu aplikasi. Pastikan kamu tidak lupa sandinya ya. 

Itulah cara membuat KTP Digital secara online pada tahun 2023. Selamat mencoba!

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan santun dan bijak. Ayo jadi warganet cerdas.

Lebih baru Lebih lama