Hindari Hal Ini Jika Tak Mau Akun AdSense-mu Di-Banned

SISITERANG.ID - Google AdSense adalah progammatic ads besutan Google yang sudah ada sejak belasan tahun lalu. Awalnya Google AdSense hanya diperuntukkan bagi pemilik blog dan website berbahasa Inggris. Di atas tahun 2009-an, AdSense sudah tersedia bagi publisher Indonesia.



Google AdSense kemudian berkembang ke Youtube. Dari sinilah Google AdSense menjadi begitu populer. AdSense bahkan belum tersaingi dengan progammatic ads lain, setidaknya dari segi pendapatan. Sudah ada yang mirip-mirip, tapi belum sebesar AdSense dalam membayar publisher-nya.

Nah, dalam bermain AdSense, terutama untuk blog dan website, kita sudah lama mengenal istilah banned (dipecat jadi publisher Google AdSense). Sekarang ada istilah baru, yakni di-disable. Perbedaannya adalah, jika di-banned akun AdSense Anda tidak dapat dipulihkan, kalau di-disable masih ada ruang bagi publisher untuk mengajukan banding dan akun AdSense-nya bisa diaktifkan kembali. Namun, banyak yang menyebut, dengan di-disable juga sangat kecil ruangnya bagi publisher untuk mendapatkan akunnya kembali aktif sebagai publisher.

Agar akun AdSense tidak di-banned, maka yang harus kita lakukan adalah menjaganya dengan sebaik-baiknya. Caranya?

  • Menulislah seperti biasa sesuai core blog kamu dan hindari tulisan yang melanggar aturan Google AdSense, seperti mengajak perjudian, narkoba, minuman keras, pornografi dan kekerasan.
  • Jangan melakukan klik sendiri. Google AdSense akan tahu ada klik iklan sendiri, apalagi dilakukan secara masif. Jika dihitung, maka pada akhir bulan akan dikurangi dan dinilai klik tidak valid.
  • Upayakan mayoritas pengunjung web-mu berasal dari produk Google, seperti penelusuran mesin pencari Google, Google News dan Discover Google Chrome. 
  • Hindari mendatangkan pengunjung lebih banyak dari media sosial seperti Facebook dan WhatsApp dan lain-lain, karena lama-kelamaan akan dianggap spam dan akunmu akan di-banned. Banyak Blogger yang menyebut, pengunjung dari media sosial sebaiknya tidak lebih dari 40 persen dari total pengunjung situsmu.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh blogger atau webmaster. Sebagian dari hal di atas tidak ada di term and condition Google AdSense, namun untuk lebih lengkap bisa kamu baca di situs resmi AdSense.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan santun dan bijak. Ayo jadi warganet cerdas.

Lebih baru Lebih lama