Ini Cara Cek Plagiarisme di Internet Secara Gratis


Zaman media sosial seperti sekarang ini, sangat banyak plagiarisme yang terjadi. Plagiat ini dilakukan tidak hanya untuk kebutuhan penyebarluasan informasi. Tapi lebih dari itu, ada yang memotong-motongnya untuk kebutuhan hoaks. Ada pula yang digunakan untuk monetisasi.

Sejauh ini saya masih mengakomodir penyalinan artikel untuk kebutuhan penyebarluasan informasi, selama masih menampilkan sumber yang jelas. Tapi, ini tidak berlaku bagi Google. Untuk kebutuhan monetisasi Google AdSense, maka yang dibutuhkan blogger adalah konten original, bukan duplikat atau plagiat dari website orang lain.

Sebenarnya, kita masih bisa menyalin suatu artikel dan mengeditnya dengan lebih detail dan rinci. Tapi, terkadang editing pun kadang tidak lolos cek plagiarme oleh Google dan kawan-kawan.

Oleh karena itu, kita butuh perangkat yang bisa melakukan kroscek untuk memastikan artikel tersebut original atau tidak. Saya menyarankan Anda untuk menggunakan situs buatan Rusia ini. Namanya 1text.com. Ini tool gratis dan performanya dalam mengecek plagiarisme luar biasa. Tool ini GRATIS. Tapi rasa tool PREMIUM.

Caranya menggunakanya gampang, cukup salin dan paste-kan saja artikel yang ingin dicek. Lalu biarkan saja, 1text.com melakukan pengecekan. Biasanya 1text.com akan melakukan pengecekan dengan kisaran waktu satu menit lebih, tergantung panjang artikel. 

Dibanding tool-tool lain yang beredar di internet. Banyak master blogger dan penulis menyarankan tool ini untuk mengecek plagiarisme, karena hasilnya luar biasa tajam. Kalau di website pengecekan plagiarisme lain bisa lolos, tapi belum tentu bakal lolos di 1text.com.

Saya tidak di-endorse untuk menulis artikel ini. Tapi ini murni saran saya kepada para penulis konten agar hasil karya anda bisa maksimal. Ya, maksimal untuk tulisan original, atau maksimal untuk keperluan monetisasi dan ramah search engine optimization (SEO).

Pada dasarnya, Google sangat suka degan konten original. Buktinya, blog atau website yang isinya adalah konten salinan dari web lain, maka akan sulit diterima untuk ikut program Google AdSense, meski pun artikel yang dipublikasikan ulang itu menyantumkan sumber dengan sangat jelas sekalipun dengan menampilkan logo website sumber. 

Mengapa artikel original penting?

Saya sudah pernah bahas soal pentingnya menulis konten original beberapa waktu lalu. kawan-kawan bisa cek di sini. Judulnya, Mengapa Bisa Menulis Itu Penting.  https://www.sisiterang.id/2021/08/mengapa-bisa-menulis-itu-penting.html.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Adsense,Internet Marketing,Opini